Selasa, 04 September 2012

Buka Puasa di Lontong Orari Banjarmasin

Banjarmasin, 25 July 2012

Pernah dengar Lontong Orari? Mungkin bagi masyarakat Banjarmasin, kuliner ini sudah sangat familiar. Mengingat Lontong Orari merupakan kuliner khas Banjarmasin. Pada dasarnya kuliner ini adalah semacam lontong sayur yang biasa dikenal di masyarakat dengan kuah nangka muda seperti opor.
Namun, tidak menjadi primadona jika tidak ada sesuatu yang spesial. Berbeda dengan lontong kebanyakan. Lontong Orari memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan lontong pada umumnya. Bentuknya yang tidak biasa yakni berbentuk segitiga. Selain itu, sebagai pelengkap juga ditambahkan ikan haruan yang telah digoreng dan sebutir telur rebus.
Porsi komplit (Ikan gabus, ayam, telur)

Pada dasarnya lontong orari bukanlah sebuah sajian yang diturunkan langsung oleh budaya setempat layaknya kuliner tradisional khas setiap daerah nusantara.  Pada dasarnya lontong orari berasal dari sebuah warung makan yang berjualan lontong seperti biasa. Namun rumah makan tersebut sering dipakai tempat para aktivis radio amatir yang tergabung dalam ORARI (Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia) .
Mereka seringkali bertemu di rumah makan tersebut dan “copy darat” hingga akhirnya rumah makan tersebut terkenal dengan makanan lontong orari yang sering dipesan oleh mereka. kelezatan lontong orari itupun tersebar diseluruh Banjarmasin hingga sajian ini dijadikan makanan wajib bagi siapapun turis yang berkunjung ke kota tersebut.

Bentuk Lontongnya segitiga

Memang belum lengkap rasanya bila berkunjung ke Banjarmasin tanpa mencicipi lontong orari ini. lontongnya yang berbentuk segitiga lebar dan pipih akan membuat Anda merasa ketagihan. Dua lontong dalam satu porsi yang disiram dengan kuah opor nangka muda. Lauk ikan haruan goreng ditambah sebutir telur rebus dibuat terpisah.
Cara makannya pun unik yakni dibiarkan tidak memakan sendok melainkan polos menggunakan tangan. Jangan dulu merasa jijik, karena perasaan jijik tadi akan hilang begitu kelezatan lontong orari terasa di lidah. Kuah dengan semburat rasa manis layaknya masakan khas banjar lainnya berpadu dengan gurihnya ikan haruan, membuat perpaduan tadi begitu harmonis terasa di lidah. Ditambah dengan lontong yang bertekstur lembut membuat kuliner ini semakin sempurna dan bercita rasa tinggi.


Maknyuuus...Bukber Lontong Orari


Pas nunggu adzan masih sepi.


Meskipun bukan sebuah kuliner yang kaya dengan nilai tradisi budaya, lontong orari pada dasarnya adalah kuliner lontong yang merupakan makanan khas nusantara. Dengan adanya lontong orari, tidak hanya sebagai primadona kota Banjarmasin. Kuliner lontong orari ini juga merupakan olahan kreasi yang memperkaya khasanah kuliner nusantara.

LONTONG ORARI
Jl Simpang Sei Mesa Banjarmasin
Telp: 0511-3251491






Tidak ada komentar:

Posting Komentar