Selasa, 04 September 2012

Buka Puasa di Soto Bawah Jembatan - Banjarmasin

Selasa, 24 July 2012


Tampak depan, Soto Bawah Jembatan-Banjarmasin
Soto banjar perlu Anda coba saat berwisata kuliner di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Soto ini terasa beda dengan soto ayam di Jawa karena ada irisan telur bebek rebus yang ditabur di atas nasi. Racikan soto banjar disajikan bersama kuah warna kuning muda dengan irisan kentang, bihun, tomat, irisan ayam, dan perasan jeruk serta sambal cabai. Jika mencicipi kuah sotonya terasa bumbu antara campuran kunyit, jahe, kapulaga, cengkeh. Kuah ayam sangat nikmat dimakan panas-panas walaupun di hari yang terik akan terasa segar. Minuman pendamping yang cocok adalah es jeruk untuk menetralisir lemak telur bebeknya.


Kuah kaldu akan diberikan pada saat adzan berkumandang

Hampir di semua sudut Banjarmasin ada warung soto banjar. Tetapi warung soto banjar yang perlu dicoba adalah Warung Soto Bawah Jembatan di tepian Sungai Martapura yang membelah Kota Banjarmasin. Karena lokasinya persis di bawah jembatan, nama warungnya dipersiskan dengan nama lokasi tersebut. Menariknya, dari warung ini pembeli bisa duduk-duduk lesehan sambil menikmati hembusan angin dan  melihat lalu lalang perahu-perahu klotok yang melintas di Sungai Martapura.

Mantaaap
Porsi nya pas
       

Sangat eksotik makan siang sambil melihat perahu klotok berlalu lalang di Sungai Martapura. Di kejauhan kelihatan juga aktivitas penduduk di tepian  Sungai Martapura. Bagi tamu dari Jawa pemandangan ini sangat jarang. Di warung ini, pesanan nasi soto langsung dicampur dengan nasi. Kalau ingin nasi terpisah harus pesan dari awal karena penduduk Banjar tidak biasa makan dengan nasi dan soto yang terpisah. Harga satu porsi soto hanya Rp 16.000. Apabila membawa anak kecil bisa pesan separuh dengan harga Rp 13.000.
Tempat lain penjual soto banjar yang legendaris di tepian Sungai Martapura adalah warung Bang Ahmad. Konsep ruangnya sama, yaitu lesehan. Juga bisa melihat perahu melintas di Sungai Martapura.

Soto Bawah Jembatan
Jl. Banua Anyar RT 3
Banjarmasin
Telp : 0511-3274246

Tidak ada komentar:

Posting Komentar